Rabu, 19 Oktober 2016

7 Cara Merawat Smartphone Agar Awet Dan Tahan Lama

Saat ini, smartphone merupakan ponsel terpopuler yang banyak digunakan oleh masyarakat, mulai dari kalangan anak muda hingga dewasa. Rata-rata, hampir dengan mudah kita jumpai orang yang menggunakan smartphone misalnya tipe android. 

Selain karena ponsel smartphone ini sangat menunjang untuk berbagai kebutuhan, alasan lainnya mengapa banyak orang yang memilih tipe ponsel ini adalah karena tuntutan gaya hidup. Bisa dibilang, menggunakan ponsel pintar merupakan bagian dari life style.

Smartphone. (Foto: blanja.com)
Berbagai fitur yang tersedia dalam smartphone memang sangat memudahkan penggunanya untuk melakukan berbagai hal misalnya untuk memotret, akses internet, menyimpan file dan lainnya. Meski banyak kelebihan yang bisa kita dapatkan dari menggunakan smartphone, namun ada beberapa kekurangan yang ada pada ponsel ini seperti cepat rusak, mudah terserang virus, baterai boros dll. Untuk mencegah kerusakan lebih cepat atau agar smartphone yang kita gunakan bisa awet dipakai dan tahan lama, ada beberapa cara atau tips yang bisa kita terapkan.

1) Matikan Smartphone Saat Pengisian Baterai & Tidak Digunakan
Ada beberapa waktu dimana ponsel sebaiknya dimatikan yaitu saat mengisi baterai dan ketika ponsel tidak digunakan misalnya saat malam hari ketika tidur. Mematikan ponsel saat sedang pengisian baterai dapat membantu komponen baterai bertahan lama atau tidak mudah drop, sedangkan mematikan ponsel ketika sedang tidak digunakan dalam waktu lama, bisa mendinginkan komponen-komponen pada bagian dalam smartphone.

2) Lakukan Restrat Secara Teratur
Setelah seharian penuh ponsel digunakan, sebaiknya lakukan refresh jaringan sistem operasi android agar performa koneksi dan aplikasi kembali normal dan maksimal, caranya dengan melakukan restart ponsel minimal 2 kali setiap hari.

3) Update Aplikasi
Jika anda sering menggunakan aplikasi tertentu dan keberadaannya sangat penting, maka lakukan pembaharuan secara rutin. Setiap aplikasi pada smartphone memiliki masa kadaluarsa sehingga pada waktu tertentu perlu dilakukan update. 

4) Bersihkan RAM
Sewaktu-waktu, ponsel bisa saja terasa berat ketika menjalankan aplikasi. Jika hal ini terajadi maka penyebabnya bisa jadi karena RAM penuh. Untuk itu, lakukan pembersihan atau scanning agar RAM bersih dari file-file yang tidak penting serta aplikasi bisa berjalan normal.

5) Upadate Antivirus
Smartphone sangat rentan sekali dengan virus, apalagi jika ponsel sering digunakan untuk akses internet. Agar ponsel tetap aman dari serangan virus yang dapat merusak sistem android, maka lakukan instal dan terus update antivirus. 

6) Gunakan Pelindung Layar
Untuk perlindungan luar smartphone, lengkapi ponsel dengan pelindung seperti anti gores pada layar dan juga casing. Menggunkan layar anti gores dapat mencegah terjadinya goresan pada layar yang dapat merusak tampilan layar itu sendiri, selain itu manfaat lain dari anti gores adalah menjaga fungsi dari layar agar tetap responsif saat digunakan. 

7) Bersihkan Smartphone Secara Berkala
Smartphone yang kita gunakan setiap hari pasti sering terpapar berbagai kotoran seperti debu. Agar debu yang menempel pada ponsel tidak menumpuk sehingga membuatnya semakin kotor, maka lakukan pembersihan bagian luar dan pada daerah lubang menggunakan kain lembut. Usapkan kain lembut yang kering pada daerah sisi-sisi layar, baterai, slot USB, speaker dan bagian yang terdapat debu. Pembersihan ini sebaiknya dilakukan secara rutin minimal 2 kali dalam sebulan.


EmoticonEmoticon