Rabu, 09 November 2016

Beberapa Cara yang Efektif Meredakan Perut Kembung pada Bayi

Sangat sedih jika bayi tercinta jatuh sakit, pasti semua orang tua merasakan hal yang sama sehingga rela melakukan apa saja asal yang dicintai bisa sembuh, mulai mengobatinya sampai merawat dan menjaganya sepanjang hari bahkan sepanjang malam. 

Jadi sangat jelas kasih orang tua tiada batasannya apalagi bagi seorang ibu, karena dia yang mengandung selama kurang lebih 9 bulan dan melahirkan yang rela mempertaruhkan nyawanya demi lahir sang buah hati tercinta, tidak sampai disitu seorang ibu juga menyusui dan merawatnya sampai dewasa. Semoga kita termasuk anak yang berbakti kepada orang tua dan menjadi orang tua yang baik bagi anak – anak kita.
Ilustrasi. (Foto: zwitsal.co.id)
Jika bayi kecil kita tersertang kembung dia akan lebih cerewet dan rewel pastinya dia susah tidur dan orang tua juga gak bakalan bisa tidur karena khawatir dengan keadaan si bayi. Orang tua harus lebih teliti memahami keadaan bayi jika dia rewel pasti ada yang tidak beres. Hal ini biasanya terjadi disebabkan alat – alat perncernaan bayi masih belum terlalu kuat untuk memproses sehingga sangat mudah menghasilkan gas atau terlalu banyak udara, bisa juga terjadi karena ketika menyusui banyi sering menangis otomatis mulut terbuka dan udara masuk. 

Ada beberapa cara yang efektif meredakan perut kembung pada bayi:
1. Tenangkan Bayi dengan Membuat Posisinya Nyaman
Yang paling pertama dilakukan adalah membuat dia tenang dan nyaman dengan memeluk sang bayi, ruangan jangan dibiarkan gelap, serta suhu ruangan jangan terlalu gerah dan jangan terlalu dingin, dan jauhkan dari gangguan – gangguan lain seperti nyamuk atau suara bising.

2.  Usap Perlahan di Daerah Punggung Bayi
Di usap – usap perlahan di daerah punggung bayi jika bisa sampai dia bersendawa atau buang gas dan itu artinya sebagian udara yang ada dalam perutnya keluar. Dan perlu diingat usap dengan menggunakan minyak angin atau sejenisnya.

3. Usap Perlahan di Daerah Perut Bayi
Cara selanjutkan rebahkan anak di atas kasur sambil usap – usap perutnya perlahan. Lalukan sampai gas yang ada di dalam keluar biasanya dengan sendawa atau buang gas. Jika pampers nya basah atau ada kotoran lebih baik dibersihkan agar bayi bisa nyaman.

4. Biarkan Bayi Berinteraksi
Yang terakhir dilakukan dengan membiarkan sang bayi melakukan apa saja yang dia inginkan selama itu tidak berbahaya dan masih dalam pengawasan orang tua. Dengan membiarkan bayi bergerak sangat memungkinkan gas yang ada di dalam perut bisa keluar dengan cara bersendawa atau buang gas. Hal ini efektik untuk mengatasi perut kembung pada bayi.

5. Berdoa Kepada Yang Maha Kuasa
Selain cara cara mengatasi perut kembung pada bayi di atas, jangan lupa kita berdoa karena semua kesembuhan Tuhan yang memberikan. Semoga bayi tercinta kita tidak kembung lagi dan selalu diberikan kesehatan. Aamiin…

Demikian beberapa cara yang efektif meredakan perut kembung pada bayi, semoga biasa dilakukan oleh para orang tua di rumah dan bisa bermanfaat. 



EmoticonEmoticon