Senin, 17 April 2017

Seberapa Siapkah Kamu Membeli Rumah?

Seberapa siap atau tidaknya seseorang untuk membeli rumah ditentukan dari seberapa mampu atau tidaknya orang tersebut untuk mengumpulkan dana dan melakukan upaya untuk membeli rumah di agen jual beli rumah atau broker. Meningkatnya harga tanah dan harga bangunan atau properti memaksa kita untuk sesegera mungkin melakukan upaya guna mendapatkan rumah yang sesuai dengan ketuhan di masa yang akan datang.

Meskipun kamu masih belum bisa atau bahkan belum memiliki rencana untuk meninggalkan tempat tinggal sementaramu atau kos kosan, apartemen atau kontrakan. Tahukah kamu bila ada tanda – tanda tertentu yang menyatakan bahwa kamu sudah siap untuk memiliki dan membeli rumah sendiri atau membeli tanah dijual? apa sajakah tanda – tanda tersebut ? perhatikan ulasan berikut ini :

Mampu Melunasi 5 % Hingga 15 % Dari Nilai Jual Rumah Secara Tunai
Terdapat beragam cara yang memungkinkan kamu untuk mendapatkan tempat tinggal atau hunian tanpa memerlukan uang tunai yang sangat banyak untuk membayar uang muka membeli rumah di agen jual beli rumah. Bahkan ada beberapa agen yang menawarkan membeli rumah dengan tanpa memberikan biaya muka sepeser pun. Namun hal seperti ini bukanlah hal yang baik, karena normalnya kamu harus melakukan pembayaran uang muka setidaknya 3 % hingga 20 % dari nilai jual rumah. Hal ini akan menentukan kemampuanmu apakah bisa atau tidak membeli rumah. Namun lebih baik bila kamu menunggu hingga kamu bisa membayar uang muka setidaknya 10 % hingga 20 % dari total nilai rumah dan tanah dengan uang tunai.


Kendalikan Utang
Ketika kamu memutuskan untuk membeli rumah dengan menggunakan cara pembayaran KPR atau Kredit kepemilikan rumah kamu akan dihadapkan dengan kenyataan memiliki tunggakan atau hutang pada bank yang harus kamu lunasi setiap bulannya. Buatlah perencanaan keuangan yang rinci untuk mengatur segala penggunaan uang yang akan kamu keluarkan setiap harinya. Jangan sampai kamu mengalami situasi seperti menggunakan uang kebutuhan lain untuk melunasi kewajibanmu membeli rumah. Jangan sekali – kali membayar hutang dengan hutang kembali karena hal tersebut akan menimbulkan masalah baru, kamu akan terus menerus menggali lubang tanpa menutupnya kembali. Hal ini lah yang memaksa kamu untuk mengatur dan mengawasi setiap uang yang kamu keluarkan agar dapat dimaksimalkan manfaatnya.

Memiliki Pendapatan Yang Bisa Diandalkan
Jumlah pendapatan yang memadai akan membantu kamu untuk melunasi cicilan KPR atau Kredit Kepemilikan Rumah yang kamu ajukan ke lembaga keuangan atau bank. Pastikan posisi dan masa depanmu di perusahaan atau tempatmu bekerja memiliki prospek yang baik atau setidaknya kamu telah diangkat sebagai karyawan tetap.

Mengetahui Siapa Yang Akan Tinggal Bersama
Sebagian besar orang yang pertama kali membeli rumah setidaknya akan menetap dan tinggal selama kurang lebih 12 tahun. Tetapkan target membeli rumah untuk memenuhi kebutuhanmu dimasa mendatang setidaknya 7 tahun yang akan datang, bukan hanya memilih tempat tinggal sesuai kebutuhanmu saat ini saja. Bila kamu masih sendiri usahakan untuk memilikiruang lebih guna menampung pasangan atau orang lain yang kemungkinan besar akan tinggal bersamamu beberapa tahun mendatang. Bila kamu yang sudah memiliki pasangan atau sudah menikah pertimbangkan untuk membeli rumah yang memiliki satu atau dua ruangan tambahan untuk tempat bermain dan kamar tidur buah hati. Bila kamu masih bingunng menentukan dan memilih tanah dan rumah di agen jual beli rumah. Kamu bisa memilih rumah yang memiliki beberapa ruangan lebih.

Bisa Urus Rumah Sendiri
Merawat dan menjaga rumah menjadi salah satu tantangan bagi para pemilik rumah baru atau tanah. Berdasarkan riset dan survey dapat dipastikan ketika seseorang membeli rumah untuk pertama kalinya ia akan menghabiskan waktu 1 tahun untuk melakukan perbaikan dan renovasi beberapa elemen yang mengalami kerusakan. Hal ini tentu akan menguras uangmu. Pastikan kamu memiliki dana lebih untuk mengatasi situasi seperti ini.

Menemukan Lokasi Yang Tepat
Akan dipastikan bahwa saat membeli rumah atau memiliki rumah baru kamu tidak ingin tinggal sebentar atau hanya sementara di tempat tinggal baru. Kamu tidak ingin merasa jauh dari rumah. Bila ada kendala terkait pekerjaan, pasangan dan faktor apapun yang mengharuskan kamu pindah tempat dalam waktu yang dekat sebaiknya urungkan niatmu untuk membeli rumah di agen jual beli rumah dan pilih untuk tetap tinggan di kos – kosan atau rumah kontrakan.

Apakah kamu sudah termasuk memiliki tanda – tanda yang disebutkan diatas ? meskipun kamu tidak ataupun belum memiliki tanda – tanda  diatas, hal di atas jangan sampai membuat kamu patah semangat untuk melakukan berbagai upaya mewujudkan impian membeli rumah. Lanjutkan untuk menabung, karena jika saatnya tba nanti kamu akan memiliki jumlah yang cukup untuk merealisasikan mimpi tersebut.

2 komentar

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.


EmoticonEmoticon