Rabu, 19 Juli 2017

Cara Efektif Menarik Minat Investor untuk Memaksimalkan Bisnis Anda

Berbisnis merupakan proses belajar seumur hidup. Selama Anda memutuskan menjadi pebisnis, maka selama itu pula Anda mesti mempelajari banyak hal baru. Kendala dalam bisnis hendaknya tidak membuat Anda berkecil hati dan mundur. Karena semua bisnis tentu ada tantangannya.
Salah satu kendala terbesar dalam menjalankan bisnis adalah ketersediaan modal. Tetapi hal ini tidak jadi masalah besar kalau Anda berhasil memikat para investor. Investasi paling menguntungkan akan menjadi prioritas investor ketika menanamkan modalnya. Pelajari beberapa cara efektif berikut ini untuk menarik minat investor terhadap bisnis Anda :
Memperbanyak Portofolio
Portofolio adalah kunci utama untuk memikat calon investor. Bila bisnis Anda memiliki track record yang baik dengan banyak portofolio istimewa, tentu saja hal ini menjadi kelebihan yang tak dimiliki bisnis lain. Merintis bisnis dan mengumpulkan portofolio mesti dilakukan secara berbarengan. Seiring berjalannya waktu, umur bisnis Anda pun berbanding lurus dengan portofolio yang Anda miliki.
Mengikuti Berbagai Pameran
foto:harianjogja.com
Jangan ragu mengikuti pameran bisnis besar yang sedang diselenggarakan di kota Anda. Sebab pameran bisnis tidak hanya sekadar untuk berjualan dan mendulang rupiah saja. Lebih dari itu, pameran kerap menjadi ajang bagi para investor untuk mencari “tempat” yang tepat bagi modal yang dimilikinya. Tampilkan bisnis sebaik mungkin untuk memikat pelanggan sekaligus investor yang Anda temui. Sebab Anda tak akan pernah tahu kapan kesempatan emas itu datang.
Keep In Touch dengan Semua Kenalan
Menjaga komunikasi dengan semua orang memang penting. Karena tidak ada yang bisa menebak arah dan peluang bisnis di masa mendatang. Tetaplah menjaga hubungan baik dengan pelanggan, supplier, pemilik modal, dan orang-orang lain yang Anda kenal. Dengan demikian, Anda tak perlu merasa sungkan bila ingin meminta bantuan atau merintis hubungan kerja sama. Semua orang pasti tertarik dengan bisnis menguntungkan yang disertai hubungan baik dan saling terbuka. 
Belajar dari Kompetitor
Keberadaan kompetitor tak selalu jadi ancaman bagi bisnis Anda. Kalau Anda berhasil mengambil sisi positifnya, tentu saja Anda bisa belajar banyak dari kompetitor. Jangan segan mempelajari trik inovasi maupun cara kompetitor menyikapi perputaran modal. Anda kan tidak harus 100% mengikuti cara kompetitor bisnis Anda. Hanya perlu memahaminya dan menyesuaikan dengan proses bisnis yang Anda miliki.
Menggaet investor tak lagi jadi hal rumit bila Anda sudah memahami triknya. Mari menjadi pebisnis yang rendah hati dan cermat membaca peluang. Supaya tak ada peluang emas yang terlewatkan dari fokus Anda.


EmoticonEmoticon