Rabu, 03 Januari 2018

5 Trik Menjadikan AC Hemat Listrik

foto ac:bukalapak.com
Bagi siapa saja yang menyediakan AC di rumah tentu memiliki PR untuk menjadikan AC tersebut sebagai AC hemat listrik. Dewasa ini hampir semua produk AC yang berada di pasaran memiliki fitur hemat listrik sehingga membantu pemiliknya menghemat pengeluaran bulanan. Namun, kalau harus beralih ke AC rakitan terbaru dan menjual AC yang selama ini dipasang tentu bagi beberapa orang adalah opsional yang kurang menguntungkan sebab AC masa kini cenderung mahal.

Menyiasati kondisi tersebut usahakan untuk tidak buru-buru order AC terbaik di salah satu toko online terpercaya langganan Anda setiap kali butuh elektronik. Melainkan mencari informasi di internet mengenai kiat supaya AC di rumah konsumsi listriknya bisa lebih ekonomis. Pemakaian AC secara tepat dan bijak ternyata memberikan pengaruh terhadap tagihan listrik agar tidak membludak. Maka setiap kali tagihan listrik sangat mahal kroscek kembali kesalahan apa yang dilakukan terkait pemakaian AC di rumah.

Trik Agar AC di Rumah Listriknya Ekonomis

Untuk menjadikan AC lawas Anda tetap efisien dalam mengkonsumsi energi listrik ternyata tidak harus belanja AC baru. Melainkan Anda perlu mencoba beberapa trik pintar berikut ini:

1.       Stel suhu dengan tepat,
Kesalahan para pemilik AC di rumah yang membuatnya boros listrik adalah menyetel suhu di bawah 22 derajat. Padahal dengan suhu 22 derajat pun ruangan dijamin terasa sejuk, sehingga tidak sampai beku dan menariknya tetap hemat listrik.

2.       Sesuaikan spesifikasi AC dengan kebutuhan ruangan,
Semua AC di pasaran bisa dikatakan sebagai jenis AC hemat listrik asalkan Anda paham dalam memilih dan memakainya. AC akan cenderung lebih hemat konsumsi listriknya apabila spesifikasinya pas dengan kebutuhan. Bisa dilihat dari satuan PK yang berada di keterangan dus AC tersebut dan menunjukan seberapa besar daya listrik yang dikonsumsi. Misalnya ½PK maka akan cocok untuk ruangan berukuran 10m2 sementara 1PK lebih cocok ke ruangan 18m2.

3.       Rutin memanggil teknisi untuk membersihkan AC,
Membersihkan bagian dalam AC memang perlu rutin dilakukan sebab ketika AC tersebut bagian mesinnya tersumbat oleh tumpukan debu. Maka kompresor yang terdapat di dalamnya akan bekerja lebih keras yang berimbas pada konsumsi daya listrik lebih besar dari seharusnya. Maka untuk membuat AC tersebut lebih hemat listrik perlu dibersihkan secara teratur, minimal sekali per tiga bulan itupun dilakukan oleh teknisi ahli.

4.       Letakkan AC di ruang yang benar-benar tertutup,
Menempatkan AC memang bagusnya di ruangan yang tertutup rapat supaya udara dari luar tidak masuk ke dalam ruangan. Jika hal ini terjadi maka AC akan bekerja lebih keras menurunkan suhu ruangan dan tidak pernah menemukan istilah cukup sejuk. Nah, kondisi ini membuat konsumsi listriknya membengkak sebab AC bekerja keras untuk waktu yang lama. Usahakan pintu tidak dibuka tutup terlalu sering dan lebih bagus lagi kalau tidak pernah dibuka ketika AC dinyalakan.

5.       Memastikan ruangan selalu dalam kondisi bersih,
Kebersihan ruangan ber-AC tentu wajib diperhatikan supaya debu tersebut tidak menyumpal kompresor AC. Kalau sudah tersumbat maka dijamin AC akan mengkonsumsi listrik secara berlebihan demi memastikan ruangan tersebut bersih. Maka penting untuk membersihkan debu di semua perabot yang ada di ruangan tersebut supaya AC lebih efisien konsumsi listriknya. Memahami point in membantu menyediakan AC hemat listrik yang tepat di rumah tanpa perlu belanja online   berulang kali untuk membeli AC yang cocok.


EmoticonEmoticon