Selasa, 10 Juli 2018

Air Cooler Symphony & Honeywell – Perusahaan Air Cooler Terbesar di Dunia


Sebuah akuisisi strategis dari sebuah perusahaan air cooler – Impco, Amerika Utara – dengan produsen di Mexico baru-baru ini menjadi lompatan besar bagi perusahaan dalam menjadi pemimpin pasar global dengan penjualan sebanyak 1,2 juta unit per tahun di 60 negara.
Symphony Limited adalah salah satu dari merk India yang ada di 60 negara dunia dan telah menjadi perusahaan produsen air cooler terbesar di dunia. Bahkan ketika pemain AC global seperti LG, Samsung, Hitachi, Daikin dan Panasonic berebut pasar di India, air cooler Symphony terus menjaring pasar global dan secara bersamaan bertumbuh penjualannya dan mendapatkan pangsa pasar sebesar 45%.

Symphony mulai memakai hubungan baik yang telah dibangun Impco dengan toko-toko ritel besar sperti Wal-Mart, Sears, Home Depot, Lowes, Famsa and Costco, dan lainnya untuk melebarkan sayapnya di Amerika Utara, Selatan dan Tengah.
Di pihak lain, Impco mulai mengimpor air cooler rumahan dari plastik untuk pasar Amerika Utara, Selatan dan Tengah. Ini akan membantu memperbesar jangkauan Impco di segmen rumah tangga. Akuisisi ini telah membuka peluang besar bagi Symphony dan Impco. Ini memberikan kekuatan ekonomi dan solusi air cooler yang ramah lingkungan.

Berbicara mengenai munculnya Symphony Ltd. Sebagai pemasok air cooler terbesar di dunia, Chairman & Managing Director perusahaan tersebut, Achal Bakeri, berkata, “Pasar global sangat besar dan kami hanya baru mencapai permukaannya saja. Dengan adanya pemanasan global yang mengarah pada peningkatan temperatur, permintaan untuk air cooler yang ramah lingkungan bertumbuh pesat di negara maju. Bahkan untuk negara yang secara umum “dingin” seperti Rusia, permintaan kebutuhan air cooler dan pasar potensial menjadi sangat signifikan sehingga kami telah menunjuk seorang Country Manager untuk Rusia. Kami adalah perusahaan air cooler pertama di Mexico yang menjalankan pembangunan identitas dan merk melalui TV dan media cetak di Mexico. Kami akan terus memantau kemungkinan akuisisi dunia lainnya di masa depan.”

Melalui pelebaran jejak global, Symphony juga mengurangi ketergantungannya pada musim tertentu. Ketika di India terjadi musim dingin, negara belahan dunia lain sedang mengalami musim panas, yang membutuhkan banyak solusi air cooler. Sebagai contoh, di Amerika Serikat, musim panas mulai dari Mei sampai Agustus; di Inggris mulai dari April sampai Oktober; di Timur Tengah, dari April sampai Oktober; di daerah Selatan yaitu di Afrika Selatan, dari Oktober sampai Februari; di Australia, dari Desember sampai Februari. Dengan berfokus pada penjualan di seluruh dunia, Symphony telah berhasil mentransformasi apa yang menjadi kelemahan bisnis menjadi kesempatan untuk mendapatkan keuntungan. Sebagai hasilnya,, volume ekspor telah meningkat dari 4,667 air cooler di tahun 2003-04 menjadi 1,27,159 coolers selama periode 2010-11.

Air cooler adalah alat yang ramah lingkungan. Tidak seperti AC yang mengeluarkan CFC, air cooler tidak menghasilkan gas rumah kaca yang memicu pemanasan global dan isu lingkungan lainnya. Selain itu, air cooler hanya mengkonsumsi sekitar 5-10% listrik dibandingkan AC. Tidak sama seperti AC yang mensirkulasi udara tak sehat/sedap, air cooler menarik udara luar, memfilter, dan mengeluarkan angin segar. Salah satu syarat utama penggunaan air cooler yang efisien adalah dengan menaruhnya pada runagan yang banyak aliran udara sehingga mengurangi kelembaban dan merusak peralatan elektronik  rumah tangga seperti kulkas dan telepon genggam.

Selain Symphony, merek air cooler dengan kualitas yang sangat baik dan cukup terjangkau adalah Honeywell air cooler. Kalau Anda pernah lihat, mungkin itu karena dulu Honeywell air cooler dijual di ACE Hardware diseluruh Indonesia. Honeywell air cooler memiliki produk-produk dengan kualitas yang sangat baik, dilengkapi dengan fitur-fitur dengan teknologi tinggi, dan desain produk yang sangat cantik. 

Misalnya air cooler Honeywell ES800, yang mana merupakan sebuah air cooler yang sangat modern. Air cooler Honeywell ini sangat hemat listrik lho guys! Hanya memerlukan daya listrik sebesar 7.4 Watt untuk beroperasi dengan speed terendah. Bayangkan, 7,4 Watt itu sangat kecil jika dibandingan AC yang bisa sampai 1.000 Watt.

 Kalau Symphony saya sendiri taunya yang sekarang masih jual itu di Mitra 10, itupun sepertinya sudah stok-stok lama. Sedangkan Honeywell air cooler baru masuk dan sudah tersedia di toko-toko elektronik besar seperti Electronic City di Jakarta. Secara online, saya sendiri sudah cukup banyak melihat Honeywell air cooler beredar di Lazada dan Tokopedia, lagi diskon juga tuh guys. Jadi kalo ente kepingin air cooler, mungkin ente bisa langsung aja beli Symphony atau Honeywell ya.


EmoticonEmoticon