Kamis, 19 Juli 2018

Mengapa Jaminan BPKB Menjadi Pilihan Banyak Orang Saat Meminjam Uang?

foto:polri.go.id

Disaat meminjam uang, biasanya pihak kreditur akan menanyakan jaminan apa yang bisa diberikan oleh pihak kreditur untuk meyakinkan pengajuan pinjaman yang diajukannya. Salah satu barang yang biasanya dijadikan jaminan oleh pihak debitur saat akan meminjam uang adalah BPKB kendaraan pribadinya. Mengapa BPKB menjadi pilihan banyak orang sebagai jaminan saat meminjam uang? Berikut ini beberapa alasannya :
BPKB jarang digunakan
Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor merupakan suatu buku yang dimiliki oleh setiap pemilik kendaraan bermotor untuk membuktikan kepemilikannya akan suatu kendaraan bermotor. Buku ini terbilang jarang digunakan karena perannya yang biasa digantikan oleh STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan. Karena jarang digunakan dan dapat digantikan oleh STNK untuk berbagai keperluan, maka tak heran jika BPKB kerap kali digunakan untuk jaminan saat melakukan pinjaman modal usaha pada berbagai platform termasuk Momaju.
Tidak perlu menjaminkan kendaraan
Masih membutuhkan kendaraan untuk menjalankan usaha Anda? Jangan khawatir karena Anda tetap bisa menggunakan kendaraan Anda untuk menjalankan bisnis Anda karena hanya BPKB saja yang akan dijadikan sebagai jaminan. Namun, meskipun Anda masih bisa menggunakan kendaraan tersebut bukan berarti Anda bisa menjualnya karena Anda membutuhkan BPKB untuk menyelesaikan proses penjualan tersebut. Oleh karena itu, tak heran jika jaminan BPKB sangat diminati oleh banyak wiraswasta terutama pada sektor UMKM.
Plafon pinjaman yang memadai
Alasan lain mengapa BPKB sangat sering dijadikan jaminan saat meminjam uang adalah plafon pinjaman yang memadai. Setiap kreditur tentu memberikan kebijakan plafon pinjaman kepada para debiturnya. Plafon pinjaman diterapkan agar para kreditur dapat meminimalisir risiko gagal bayar akibat peminjaman yang diluar kemampuan seorang debitur. Lalu, bagaimana dengan plafon pinjaman jika debitur meminjam uang dengan menggunakan BPKB sebagai jaminannya? Jika yang digunakan merupakan BPKB mobil maka debitur bisa mendapatkan pinjaman yang memadai kebutuhannya. Namun, jika BPKB sepeda motor rasanya agak susah bagi kreditur untuk menyetujui pinjaman tersebut.


EmoticonEmoticon