Kamis, 18 Juli 2019

Apa Itu SOP dalam Pekerjaan?


Dalam sebuah pekerjaan tentunya tak pernah lepas dari yang namanya SOP. Apalagi jika bekerja dalm sebuah perusahaan atau sebuah lembaga, tentu SOP mejadi salah satu tolak ukur. Lalu sebenarnya apa itu SOP? Nah SOP merupakan singkatan dari Standar Operasional Prosedural. SOP sendiri merupakan prosedur yang dikerjakan secara kronologis untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan dengan tujuan agar memperoleh hasil kerja yang efektif dari pekerja dengan biaya seminimal mungkin. SOP pada umumnya berbentuk dokumen yang memuat manfaat, tanggal dibuat atau di revisi, metode penulisan prosesdur, dan biasanya juga bagan flowchart yang tertera pada bagian akhir.
SOP tentunya sangat diperlukan oleh berbagai perusahaan atau minimal sebuah lembaga. Sebab SOP sendiri juga menjadi sebuah panduan setiap elemen perusahaan alam mejalankan tugas-tugasnya. Sebenarnya secara singkat, SOP atau standar operasional prosedural dibuat untuk memudahkan, merapikan, serta meneribkan sebuah pekerjaan. Biasanya sistem ini juga memuat urutan proses pekerjaan mulai dari tahap awal hingga tahap akhir.
SOP merupakan perangkat yang bisa dikatakan memiliki fungsi sebagai panduan yang digunakanuntuk memastikan bahwa kegiatan operasional organisasi maupaun sebuah perusahaan dapat berjalan dengan lancar. Bisa juga diartikan bahwa SOP merupakan urutan langkah-langkah pelaksanaan pekerjaan. Iya SOP memuat tentang pedoman bagaimana pekerjaan tersebut dilakukan, apa yang harus dilakukan, dimana melakukannya, dan siapa yang harus melakukannya.
SOP merupakan pedoman atau juga bisa dijadia sebagai acuan guna melaksanakan tugas-tugas atau pekerjaan sesuai dengan fungsi dan juga alat penilaian kinerja sebuah lembaga atau instansi berdasarkan indikator teknis, administratif prosedural sesuai dengan tata kerja, prosedur kerja, dan juga sistem kerja pada setiap unit kerja yang bersangkutan. SOP pada umumnya memang berbentuk dokumen yang di dalamnya terdapat ragkaian instruksi tertulis yang telah dibakukan yang mana di dalamnya memuat berbagai pross pelaksanaan pekerjaan mulai dari cara melakukan pekerjaan, waktu pelaksanaan, tempat penyelenggaraan, serta siapa saja yang melaukan pekerjaan tersebut.
Nah dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwasannya SOP atau Standar Operasional Prosedur merupakan dokumen yang berisi tentang tahap-tahap melakukan sebuah pekerjaan mulai dari tahap awal hingga tahap akhir secara detail. SOP merupakan pedoman atau acuan dalam mengerjakan sebuah pekerjaan. SOP ini juga dibuat untuk menjelaskan perincian atay standar yang ditetapkan mengenai sebuah pekerjaanyang secara berulang-ulang dilaksanakan oleh sebuah organisasi, lemabaga, atau instansi, dan lain sebagainya.
Adapun kriteria SOP yang baik tentunya adalah SOP yang benar-benar mampu menjadika arus kerja yang lebih baik, yang juga mampu menjadi pedoman atau panduan bagi karyawan baru, dapat menghemat biaya mempermudah pengawasan, serta dapat mengakibatkan koordinasi yang baik antara setiap elemen dalam sebuah perusahaan.
Adanya SOP tentu memiliki tujuan untuk menjaga konsistensi tingkat kinerja maupun kondisi tertentu serta arah kemana petugas dan juga lingkungan dalam melaksanakan suatu tugas ataupun sebuah pekerjaan. Dibuatnya SOP tentu dapat dijadikan acuan dalam melaksanaka berbagai kegiatan tertentu bagi sesama pekerja dan juga suprvisor.
Kemudian adanya SOP diharapkan juga untuk menghindari adanya kegagalan maupun kesalahan, keraguan, duplikasi, dan juga kemungkinan terjadinya pemborosan dalam pelaksanaan sebuah pekerjaan. Dengan adanya SOP maka dapat menjamin penggunaan tenaga dan juga sumber daya dengan lebih efektif dan efisien. Memudahkan setiap elemen untuk menjalankan alur tugas, wewenang, serta tanggung jawab. Nah sekarang sudah paham kan apa itu SOP ? Oke deh semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon