Jumat, 09 Agustus 2019

pengertian tabungan, dan sejarahnya; mengenal tabungan dari waktu ke waktu


Tabungan merupakan salah satu bentuk simpanan yang dengan tujuan untuk keperluan di masa depan, ada banyak alasan seseorang kenapa menabung, mungkin alasan terbesarnya adalah untuk menyimpan uang yang berlebih, karena seseorang yang mempunyai uang lebih pastinya akan sulit untuk menyimpan sendiri, oleh karena itu butuh suatu tabungan. nah, kali ini kami akan membagikan sejarah tabungan dari waktu ke waktu dan juga jenis tabungan;

1.    celengan
celengan merupakan bahasa paling ringan untuk semua kalangan, terlebih celengan adalah suatu pembelajaran yang kita ajarkan kepada anak agar suka menabung dan berhemat, tapi jangan salah, hingga dewasa pun masih banyak yang menggunakan celengan sebagai tabungan kehidupannya, bahkan ada yang menggunakan celengan sebagai tabungan untuk naik haji, dan lain sebagainya, bukan karena apa juga sih, cuma memang kebanyakan dari masyarakat yang masih menggunakan celengan hingga saat ini karena belum mengerti tentang bank atau ada suatu perasaan cemas dan khawatir terhadap bank, sehingga mereka lebih biasa menggunakan celengan. atau menukarnya dengan emas, kemudian emas itu yang dikumpulkan sebagai tabungannya.

2.    tabungan
untuk tabungan, mungkin rata-rata masyarakat saat ini sudah menggunakannya, contohnya ya tabungan di bank, ada banyak bank pemerintah dan swasta yang saat ini siap menjadi media penyimpanan uang anda, entah itu yang konvensional maupun yang syariah, saya pribadi pun menggunakan kedua bank tersebut, sebenarnya sih pengennya khusus menggunakan bank syariah saja, tetapi karena layanannya masih kurang untuk aktifitas di internet, maka saya memutuskan untuk menggunakan kedua bank tersebut. untuk menunjang dan mempermudah aktifitas di online, maka saya menggunakan bank konvensional, sedangkan untuk simpanan pribadi saya menggunakan bank syariah.

3.    investasi
investasi yang saya kutip dari wikipedia adalah suatu istilah dengan beberapa pengertian yang berhubungan dengan keuangan dan ekonomi. Istilah tersebut berkaitan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva dengan suatu harapan mendapatkan keuntungan pada masa depan. Terkadang, investasi disebut juga sebagai penanaman modal. Ini adalah kebalikan dari divestasi pada aset yang lama, jadi istilahnya seperti menyimpan uang dan kemudian uang kita tersebut digunakan untuk berbagai hal yang bisa mengembangkan dananya, istilahnya kita menyimpan uang kepada orang untuk uang tersebut sebagai modal dia, kemudian keuntungannya akan dibagi, tergantung perjanjian juga nanti bagaimana, kalau bagi hasil itu adalah sistem yang digunakan oleh bank-bank syariah saat ini, sedangkan bank konvensional mungkin menggunakan istilah bunga, jadi setiap bulan akan mendapatkan bunga berapa persen, tergantung dari ketetapan bank tersebut, kesimpulannya semakin banyak anda berinvestasi, semakin besar keuntungan yang anda dapatkan.

kalau saya pribadi lebih suka berinvestasi dalam bentuk tanah, rumah maupun emas, karena semakin waktu semakin naik harga tersebut, sehingga bagi anda yang punya banyak tanah, apalagi emas, maka suatu hari kalau disimpan terus maka akan cepat kaya.

tabungan masih banyak jenis lainnya, namun dalam catatan singkat ini, kami hanya bisa membagikan 3 point paling penting tersebut, dan kalau disimpulkan dari awal, maka celengan merupakan bagian tabungan yang paling tua umurnya, mengingat celengan digunakan dari zaman dulu kala hingga zaman modern sekarang, dan saat ini sudah banyak masyarakat beralih ke dalam bentuk tabungan dan investasi, ada istilah lain yaitu deposito, yang pengertiannya juga kurang lebih seperti investasi tersebut.
salam


EmoticonEmoticon