Sabtu, 30 November 2019

Ketahui 7 Macam Pembersih Wajah Sesuai Jenis Kulit yang Dimiliki


Pembersih wajah adalah bagian yang sangat penting dalam dunia kecantikan kulit wajah. Apalagi dengan membersihkan wajah, fungsinya bukan untuk menghilangkan kotoran yang menempel di kuliit wajah tetapi juga berfungsi menjaga kecantikan kulit wajah. Setiap perempuan memiliki kulit wajah yang tak sama, sehingga perlu memilih pembersih yang tepat seperti produk berikut.

  1. Foam Cleanser
Pembersih ini diaplikasikan dalam bentuk busa (foam) yang sangat cocok bagi perempuan yang punya jenis kulit berminyak. Produk seperti ini pun bisa didapatkan dengan mudah di berbagai supermarket ataupun minimarket. Ada yang diproduksi dalam bentuk krim yang sangat halus teksturnya dan ada juga yang berbentuk cairan. Konsumen bisa memilih sendiri sesuai kebutuhan.
Pengaplikasiannya pun sangat mudah, pertama cleansing foam tersebut diletakkan di atas telapak tangan. Selanjutnya diusapkan ke kulit wajah dengan arah gerakan memutar ke atas, berlawanan dengan gravitasi bumi. Kemudian bilas dengan air bersih dan dikeringkan wajah dengan handuk yang bersih dan bertekstur lembut. Sebaiknya hindari menggunakan handuk yang seratnya kasar karena tidak baik untuk kulit wajah.
  1. Oil Cleanser
Pembersih wajah ini dimanfaatkan oleh perempuan dengan kulit wajah kombinasi yaitu kering dan berminyak, juga bisa digunakan untuk menghapus bekas make-up yang ada dikulit wajah. Perlu diingat bahwa bagi yang wajahnya berjerawat sebaiknya jangan menggunakan produk oil cleanser karena tidak direkomendasikan.
Saat memilih oil cleanser dipasaran, jangan lupa lihat apakah ada kandungan molekul nano atau tidak. Kandungan molekul nano berperan memudahkan diserap kulit serta tidak meninggalkan residu. Jika ada residu yang tertinggal di kulit, bukan memperbaiki kulit wajah namun malah membuat wajah muncul flek.
Aplikasikan ke wajah sambil dipijat di arah atas, jangan lupa tekan sedikit di area wajah yang banyak penggunaan make-upnya. Selanjutnya bersihkan dengan spons khusus untuk wajah hingga semuanya bersih. 

  1. Cleansing Water
Cleansing water bisa digunakan oleh semua jenis kulit wajah dan pengaplikasiannya juga sangat mudah. Bahkan ada yang disajikan sebagai susu pembersih plus toner dalam satu kemasan tersebut. Ada juga cleansing water yang terdapat kandungan micellar water yang tidak mengandung alcohol serta sabun untuk membersihkan kulit wajah tanpa perlu dibilas dengan air.
Penggunaannya, cairan cleansing water dituangkan ke kapas khusus kulit wajah. Kemudian kapas tersebut diusapkan ke wajah dengan lembut ke arah atas supaya minyak dan kotoran yang melekat bisa bersih efektif. Untuk bersih maksimal, pemakaiannya bisa diulangi hingga benar-benar bersih. 


  1. Cleansing Gel
Pembersih wajah ini cocok digunakan oleh siapa saja yang memiliki kulit wajah sensitive plus berjerawat, berminyak dan kombinasi. Biasanya produk ini ada kandungan gliserinnya sehingga wajah dibersihkan tanpa meninggalkan rasa kering dan kesat. Selain itu, juga tidak banyak busa yang dihasilkan maka bagus untuk kulit sensitive dan berminyak. Untuk mendapatkannya, konsumen bisa pergi ke supermarket ataupun toko yang menjual berbagai alat-alat kosmetik.
Cara mengaplikasikan produk ini tak jauh bedanya dengan menggunakan foam cleanser. Pertama tuangkan cleansing gel dengan ukuran sebesar biji jagung ke telapak tangan atau langsung ke kulit wajah, kemudian usapkan secara merata ke seluruh bagian wajah hingga leher. Jangan lupa beri pijatan perlahan dan secara merata hingga ke semua bagian wajah. Terakhir, bilas menggunakan air bersih hingga gel tersebut hilang.
  1. Cleansing Milk
Cleansing milk cocok diaplikasikan bagi yang kulit wajahnya berminyak dan kering. Apalagi pembersih wajah ini bisa menghilangkan sisa riasan yang ada di kulit wajah. Memiliki tekstur yang pekat dengan sedikit creamy. Jadi, bukan hanya berfungsi untuk membersihkan kulit tetapi juga bisa membuat kulit wajah terjaga kelembutannya.
Pengaplikasiannya juga dengan cara tuangkan sedikit, kemudian ratakan cleansing milk tersebut ke kulit wajah. Jangan lupa beri pijatan secara lembut hingga ke semua bagian kulit wajah. Kemudian gunakan tisu basah untuk menyeka dan mengangkat berbagai kotoran yang ada di kulit wajah hingga semuanya bersih.
Jangan lupa perhatikan produk yang sesuai dengan kulit wajah jika ingin menggunakannya. Jangan sembarangan memilih produk, bahkan sebaiknya bedakan untuk penggunaan waktu pagi dan waktu malam. Saat pagi hari, kulit wajah masih belum banyak terkena polusi maka gunakan produk yang lembut.
Sedangkan jika digunakan saat malam hari setelah banyak beraktivitas, gunakan yang bisa memberihkan berbagai kotoran dengan tuntas. Ketika  menggunakan produk, perhatikan air bersih saat membilasnya, sebab tak semua menggunakan air panas atau air hangat. Juga sebaiknya tidak menggunakan air yang sangat dingin.
Jika digunakan air yang sangat panas, kapiler darah yang ada di kulit akan terasa terbakar dan lama-kelamaan akan rusak. Sedangkan jika digunakan air yang sangat dingin, pori-pori kulit akan tertutup. Produk yang diaplikasikan ke wajah tidak bisa bekerja secara maksimal.
  1. Balm
Produk balm ini digunakan oleh pemilik kulit kering bahkan yang sangat kering. Dilengkapi dengan kandungan petroleum jelly yang bentuknya seperti balsam sehingga disebut nama balm. Inilah yang berperan memudahkan membersihkan wajah dari berbagai sisa riasan yang cukup tebal bahkan yang bersifat anti air sekalipun.
Nah, bagi yang memiliki jenis kulit yang sangat kering, produk balm berguna menjaga agar kulit wajah tetap dalam keadaan lembab. Cara pemakaiannya, setelah diaplikasikan ke wajah disertai pijatan lembut, khususnya di area  yang terdapat banyak riasan contohnya di bagian bibir dan mata. Terakhir, angkat residu tersebut menggunakan handuk yang hangat.
  1. Powder Cleanser
Memang produk powder cleanser tak sepopuler cleansing water ataupun foam cleanser, namun manfaat yang diberikannya juga sangat bagus sama halnya dengan berbagai produk di atas. Sesuai dengan namanya, diproduksi dalam bentuk bubuk, yang direkomendasikan untuk pemilik kulit kombinasi, berminyak hingga kulit kering.
Produk ini jika disimpan dengan baik bisa bertahan lama sebab bahannya tak mengandung air, juga tak mengandung pengawet. Namun, bagi pemilik kulit wajah yang sensitive sebaiknya jauh-jauh dari produk powder cleanser. Pembelian berbagai produk ini bisa dicari di swalayan, supermarket, minimarket ataupun tempat yang lainnya. Lihat tanggal batas pemakaiannya sebelum diaplikasikan ke wajah.
Cara menggunakannya,  bubuk cleanser ini bisa dicampurkan kedalam sedikit air secara merata. Kemudian oleskan ke kulit wajah hingga bagian leher, jangan lupa gosok secara perlahan. Terakhir, bilaslah menggunakan air bersih hingga semua gel powder tersebut terasa hilang dari kulit wajah.
Nah, itulah 7 macam produk pembersih wajah yang bisa dipilih dan diaplikasikan ke wajah sesuai tipe wajah masing-masing. Sebaiknya jangan ikut-ikutkan orang lain menggunakan produk tertentu jika belum terbukti kebenaran dan manfaatnya, karena tak semua orang mempunyai kulit wajah dengan tipe yang sama. Ada yang berminyak, berjerawat, kulit kering hingga yang kombinasi.



EmoticonEmoticon